Contoh Skripsi - Bab 5

Posted by News innovation | Posted in | Posted on 06.44

    BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN


 


 

        Berdasarkan pada data yang diperoleh dari Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri dan hasil analisis dari berbagai segi yang berhubungan dengan masalah hubungan motivasi pimpinan terhadap semangat kerja bawahannya, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan dan saran sebagai berikut :


 

A.     Kesimpulan

    1.     Berdasarkan hasil analisa ternyata penghargaan mempunyai hubungan signifikan dengan kegairahan/ kepuasan, kedisiplinan, ketelitian dan kerjasama pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri. Dan hubungan tersebut adalah signifikan. Hal ini dapat diketahui dari uji chi square yang menunjukkan besarnya X2 hitung > X2 tabel (30,00 > 7,814) dengan α = 5%.

2.     Berdasarkan analisis chi square untuk partisipasi dengan kegairahan/ kepuasan, kedisiplinan, ketelitian dan kerjasama pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri. Diketahui bahwa nilai X2 hitung > X2 tabel (52,67 > 7,814), dengan α = 5%. Hal ini berarti bahwa partisipasi mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kegairahan/ kepuasan, kedisiplinan, ketelitian dan kerjasama pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri.

3.     Analisis chi square untuk komunikasi dengan kegairahan/ kepuasan, kedisiplinan, ketelitian dan kerjasama pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri. Diketahui bahwa nilai X2 hitung > X2 tabel, (47,11 > 7,814), dengan α = 5%. Hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi dengan kegairahan/ kepuasan, kedisiplinan, ketelitian dan kerjasama pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri.

4.     Untuk analisis chi square untuk pengembangan diri dengan kegairahan/ kepuasan, kedisiplinan, ketelitian dan kerjasama pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri. Diketahui bahwa nilai X2 hitung > X2 tabel, (29,00 > 7,814), dengan α = 5%. Hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara pengembangan diri dengan kegairahan/ kepuasan, kedisiplinan, ketelitian dan kerjasama pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri.

5.     Dari hasil analisis chi square untuk lingkungan kerja dengan kegairahan/ kepuasan, kedisiplinan, ketelitian dan kerjasama pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri. Diketahui bahwa nilai X2 hitung > X2 tabel, (39,00 > 7,814), dengan α = 5%. Hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan kerja dengan kegairahan/ kepuasan, kedisiplinan, ketelitian dan kerjasama pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri.


 

  1. Saran-saran


 

        Berdasarkan pada hasil perhitungan yang telah dilakukan, maka perlu dikemukakan beberapa saran sebagai sumbangan pemikiran bagi lingkungan kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri, dengan harapan semoga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk memperbaiki dan meningkatkan jasa pelayanan pada masyarakat yang dijalankan, khususnya dengan adanya pemberian motivasi oleh pimpinan terhadap semangat kerja para bawahannya.

    Adapun saran-saran yang penulis sampaikan adalah sebagai berikut :

  1. Sebagian besar responden pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri berpendapat bahwa pemberian penghargaan akan menimbulkan kegairahan kerja, kedisiplinan, ketelitian dan kerja sama, oleh karena itu terhadap pegawai yang prestasi kerjanya menonjol ada baiknya diberikan penghargaan, untuk memotivisir pegawai lainnya agar berusaha untuk berprestasi.
  2. Sebagian besar responden berpendapat bahwa partisipasi pimpinan dalam pelaksanaan tugas akan menimbulkan kegairahan / kepuasan kerja, kedisiplinan, ketelitian dan kerja sama, oleh karena itu ada baiknya pimpinan ikut memberikan saran dan pertimbangan atau bahkan ikut terjun dalam pelaksanaan setiap tugas bawahannya.
  3. Sebagian besar responden berpendapat bahwa komunikasi yang baik dan lancar akan menimbulkan kegairahan/kepuasan kerja, kedisiplinan, ketelitian dan kerja sama, sehingga ada baiknya pimpinan selalu melakukan komunikasi secara terbuka dengan para bawahannya.
  4. Sebagian besar responden berpendapat bahwa kesempatan pengambangan diri pegawai akan menimbulkan kegairahan /kepuasan kerja, kedisiplinan, ketelitian dan kerja sama, oleh karena itu sebaiknya pimpinan selalu membuka peluang bagi para bawahannya untuk mengikuti pelatihan maupun pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

Sebagian besar responden berpendapat bahwa lingkungan kerja berpengaruh terhadap kegairahan/kepuasan kerja, kedisiplinan, ketelitian dan kerja sama, maka sebaiknya pimpinan mampu menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang kondusif untuk mendorong semangat kerja pegawai.

Comments (0)

Poskan Komentar